About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

Tesla Manaf feat Mahagotra Ganesha | It's All Yours



Sungguh sebuah karya yang jenius, apalagi dikerjakan oleh seorang anak muda yang sebenarnya secara umum jarang menyentuh musik seperti ini. Kolaborasi Tesla Manaf dengan Mahagotra Ganesha membuat rilisan It's All Yours menjadi suatu oase baru di dalam scene Jazz Indonesia. Dan seharusnya beginilah bentuk jazz yang bisa dinikmati kedalamannya yang jauh dari unsur cheesy yang kerap ada di layar kaca.

Melebur Jazz Fusion dengan musik Ethnic Bali membuat It's All Yours menjadi rilisan yang berbeda dengan kebanyakan musik Jazz yang lebih mengarah ke pop. Perpaduan Fusion dengan Ethnic yang dilakukan Tesla Manaf dengan Mahagotra Ganesha, mengingatkan saya dengan Ethnic Fusion yang diciptakan oleh generasi di atas saya yaitu Guruh Sukarno Putra serta salah satu band Jazz Fusion lokal yg memasukan unsur Ethnic ke dalam musiknya yaitu Krakatau.

Menurut saya vokal itu adalah salah satu bentuk instrumen musik yang juga ikut melebur menjadi satu di dalam komposisi tanpa menjadi suatu yang dominan. Meskipun tanpa vokal yang mendominasi, cita rasa musik yang diciptakan Tesla Manaf dengan Mahagotra Ganesha membuat It's All Yours menjadi salah rilisan Ethnic Fusion yang harus anda coba dan dengarkan.

It's All Yours membawa saya eargasm setiap saat ketika mendengarkan masing-masing part dari 6 part secara keseluruhan. Built up yang diciptakan di part 1 cukup membuat sensasi sendiri dibagian pertengahan sampai akhir, apalagi dipadu dengan sentuhan irama fusion yang melebur juga dengan musik progressive. Ketika memasuki part 2 di dalam It's All Yours, Tesla Manaf feat Mahagotra Ganesha mencoba mengenalkan Smooth Jazz yang cukup lembut dan sebagai soundtrack yang tepat untuk mengisi saat santai.

Begitu memasuki part 3 dalam album ini, improvisasi dan penjiwaan Tesla dalam bermain jazz fusion semakin menjadi-jadi apalagi ketika dentingan gamelan bali saling bersahut-sahutan satu sama lain. Terlebih lagi ketika part 4 album ini mulai dimainkan, dibuka dengan Kecak Bali yang kemudian dipadu fusion bertempo cepat dengan built up nada serta kecepatan permainan gitar yang lumayan tinggi membuat saya mengalami trance sesaat ketika suara gamelan saling berdenting satu sama lain ketika mendekati bagian akhir part ini. EPIC !

Ketika part 5 mulai didengungkan, nuansa ambient dengan bumbu avant-garde mulai terasa dengan tiupan suling yang cukup menghadirkan suasana haunting pada part ini. Situasi kembali menjadi normal ketika part 6 hadir, cukup bersahabat untuk menemani suasana santai di awalan part ini. Tetapi ketika texture built up sudah diterapkan, maka siap-siap aja mengalami trance ketika mendekati klimaks dari It's All Yours. Dan disitulah Tesla Manaf dengan Mahagotra Ganesha menyihir anda dengan musikalitas yang sempurna.

Akhirnya setelah mendengarkan It's All Yours secara keseluruhan. Musik mereka menjadi candu bagi telinga saya, dan mungkin juga bagi anda yang sudah mendengarkannya. Inilah sihir yang diciptakan Tesla Manaf dengan Mahagotra Ganesha dengan sebuah rilisan yang saya nilai sempurna di genre ini.

It's a Jazz
It's a Fusion
It's a Ethnic
Yeah ...


It's a Ethnic Fusion by Tesla Manaf feat Mahagotra Ganesha.
One of The Best Ethnic Fusion Jazz from Indonesian modern era.




Artist
Tesla Manaf feat Mahagotra Ganesha

Album
It's All Yours

Rilis
2011

Genre
Jazz, Fusion, Ethnic Fusion, Avant-Garde

Rating
10 | 10
 ____________________________________

2 Responses so far.

  1. -rAy- says:

    rilisan ciamik nih, wajib di dengerin.

  2. agung says:

    mantap neh reviewnya bang.

Leave a Reply