About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

Dewa | Bintang Lima

 

Hawa tercipta di dunia untuk menemani sang Adam
Begitu juga dirimu tercipta tuk temani aku ...


Menurut sebagian orang dan termasuk penulis, DEWA 19 sudah mati di akhir dekade 90'an ketika sang vokalis yaitu Ari Lasso dan Erwin Prasetya dipecat karena terkena kasus narkoba serta drummer Wong Aksan dipecat juga karena permainan drum-nya terlalu jazz. Album terakhir DEWA 19 adalah album Pandawa Lima yang terkenal dengan single Kirana lantas menjadi kenangan semu memasuki awal dekade 2000. Namun,separuh nafas dewa 19 masih tercium ketika mereka merilis sebuah album baru yang sebenarnya masih dianggap remeh karena berganti secara total personel mereka kecuali Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan. Meski dengan vokalis baru dengan karakter vokal yang cukup unik yaitu Once Mekel dan Tyo Nugros di posisi drum. Akhirnya Dewa 19 telah mati dan bertransformasi menjadi Dewa dengan rilisan bertajuk Bintang Lima.

Karakter musik di Bintang Lima, separuh nafas dewa 19 masih tercium meski sempat berubah apalagi karakter vokalis baru mereka yang benar-benar berbeda dengan vokalis mereka terdahulu. Namun, kejutan sungguh terjadi ketika single-single yang ada di Bintang Lima meledak dipasaran dan single-single itu menjadi soundtrack penulis di kala itu. Pesimisme atas kualitas musik akibat konflik yang terjadi di tubuh 'Dewa 19' langsung menjadi sirna karena single-single hebat dari Bintang Lima disuarakan dengan baik.

Sebenarnya rilisan Bintang Lima hanya terdiri dari 9 Lagu namun ada tambahan 2 lagi yaitu Mukadimah sebagai intro dengan bumbu simfoni dan 1000 Bintang sebagai outro. Sejatinya, Roman Picisan adalah tembang pembuka di album ini. Cukup menarik karena ada sentuhan string violin di komposisi musiknya. Lanjut ke Dua Sejoli yang menjadi soundtrack penulis saat itu, komposisi ambient drum loop serta permainan gitar menghantui suasana tembang ini serta sentuhan violin yang syahdu serta lirik roman nan memikat hati, membuat tembang ini menjadi cukup emosional. Penggalan lirik "hawa tercipta di dunia untuk menemani sang adam, begitu juga dirimu tercipta tuk temani aku" seakan tak lepas dari ingatan penulis saat itu. Risalah Hati di lagu selanjutnya menurut penulis cukup biasa sebagai lagu pop, tetapi klimaks tembang ini dengan sentuhan suling dan vokal wanita cukup memberikan warna.

Separuh Nafas adalah sebuah mahakarya Dewa dengan formasi barunya. Komposisi musik, termasuk lirik adalah yang terbaik. Dibuka dengan raungan gitar dengan drum beat yang renyah serta efek ambient dari gitar membuat tembang dengan nada menarik ini menjadi salah satu daya tarik utama di dalam Bintang Lima. Kemudian ada Cemburu dengan sentuhan pop rock yang membuat semangat, Hidup Adalah Perjuangan juga demikian. Meskipun begitu, Dewa tidak meninggalkan pop balladnya seperti yang terdahulu dan itu sangat nampak di Lagu Cinta. Dan Cinta Adalah Misteri juga membawakan tema serupa yang ringan dan renyah. Tembang terakhir di Bintang Lima adalah Sayap-Sayap Patah yang dibuka dengan vokal Ahmad Dhani yang berkolaborasi dengan Once dibagian chorusnya. Irama pop rock dengan penulisan lirik berpuisi membuat tembang ini menjadi pas sebagai tembang penutup sebelum outro album ini yaitu 1000 Bintang.

Bagi penulis sendiri rilisan Bintang Lima dari Dewa (bukan 'Dewa 19' yang saya nyatakan telah mati di penghujung dekade 90'an) adalah rilisan terbaik mereka. Skill bermusik serta penulisan lirik yang menarik dan kemampuan setiap musisinya membuat album yang begitu menarik. Namun, setelah rilisan ini meledak sang mastermind Dewa menjadi besar kepala dan arogan sekaligus kehilangan kemampuan bermusiknya dan itu terbukti bahwa penulis tidak suka dengan rilisan setelah album ini. Akhirnya Bintang Lima dari Dewa adalah warisan terakhir dari semangat 'Dewa 19'. Dan album ini memang berkualitas Bintang Lima. Great Album!



Artist
Dewa

Album
Bintang Lima

Rilis
2000

Genre
Pop, Pop Rock

Rating
8 | 10

______________________________________

2 Responses so far.

  1. sedusa says:

    gua suka DEWA hanya 2 album pertama Once gabung...

  2. triz says:

    I loved the songs especially the songs gods treatise entitled the liver, for Ahmad Dhani stiap what is the inspiration of the lyrics and whether personal experience .......... said Ahmad Dhani y mas q cz ngfans same god bgt 19

Leave a Reply