About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

The Beach Boys | Pet Sounds

  
Seringkali orang salah kaprah terhadap apa yang dinamakan Power Pop. Dan parahnya dari setengah ketidak tahuan itu, banyak yang melabeli band-band yang sebenarnya beraliran 'Pop Punk' dengan istilah Power Pop. Padahal itu jelas berbeda, karena ketika membicarakan Power Pop maka kita harus merujuk dan melintasi masa lalu dimana istilah Power Pop itu lahir lewat band-band semacam The Beatles, Big Star, Badfinger, dan salah satunya yaitu The Beach Boys.

Ciri utama dari ranah ini yaitu identik penggunaan harmonisasi vokal yang tajam dan padat, dan riff gitar yang powerful tentunya namun tetap sederhana. Pada umumnya band-band seperti ini mempunyai lagu-lagu yang sangat bermelodi dan sangat mudah dipahami dan dimengerti, inilah yang menjadi keunggulan ranah ini. Dan disini The Beach Boys hadir dengan lewat sebuah mahakarya yang berjudul Pet Sounds.

Berbicara mengenai Pet Sounds, kalau penulis katakan bahwa disinilah pondasi awal pada dekade '60-an atas apa yang dinamakan Power Pop. Meski begitu, cita rasa psikedelik tidak bisa dilepaskan dari sini. Cara bereksperimental dengan bunyi-bunyian yang unik yang juga dihasilkan dari instrumen yang unik pula, menghantarkan Pet Sounds sebagai salah pilar kejayaan musik di masa itu. Membangun dinding bunyi-bunyian pada struktur komposisi musiknya dengan cara yang unik dan cenderung aneh. Tetapi itulah yang terjadi ketika sang musisi terinspirasi dari mariyuana yang memabukan dan menciptakan bunyi-bunyian ala psikedelik dalam balutan musik pop yang memiliki power. Dari situ jadilah Pet Sounds, sebuah rilisan asal negeri paman sam yang menghadang british invasion yang dibawa oleh The Beatles.

Wouldn't It Be Nice sebagai tembang pertama, membuka Pet Sounds secara sempurna dengan keceriaan khas pop tanpa cela dengan harmonisasi vokal sebagai ciri khas utama dari Power Pop dengan tune tune sederhana pada komposisi musiknya. It's a song that can blew your ears with joyful and melting your heart peacefully. Selanjutnya ada You Still Believe In Me yang mampu menyentuh hati penulis lewat musik dan lirik. Apakah anda mampu percaya dengan tulisan, bahwa penulis sempat menitikan air mata ketika mendengarkan tembang yang indah ini? Itulah sihir yang dilakukan secara sederhana oleh The Beach Boys lewat musiknya. Kemudian That's Not Me dilantunkan dengan komposisi musik yang cukup unik dan inilah kekuatan dari power pop sebenarnya.

Hal yang menyedihkan sekaligus indah mendayu dilantunkan lewat Don't Talk (Put Your Head On My Shoulder). Disini komposisi musik The Beach Boys mampu mengaduk-aduk perasaan anda apalagi ketika mendengarkan disaat yang tenang dan benar-benar rileks. Selanjutnya ada I'm Waiting For The Day yang mampu mengajak anda berdansa dengan pasangan anda, tentunya dengan iringan The Beach Boys sebagai musik latarnya. Dan Let's Go Away For Awhile yang seratus persen instrumental yang menyentuh dimainkan secara sempurna. Bisa penulis katakan bahwa tembang ini adalah salah satu tembang progresif yang awal dalam sejarah musik.

Selanjutnya, The Beach Boys mengajak anda sing-a-long dan berdansa bersama dengan Sloop John B. Lirik yang menarik, nada yang catchy serta komposisi musik yang menarik membuat penulis tersenyum ketika mendengarkan tembang ini. Salah satu keceriaan dan kebahagian tanpa batas lewat musik yang diciptakan The Beach Boys. Begitu juga dengan God Only Knows yang bagus dalam penulisan lirik dan komposisi musiknya. Tetapi sayangnya, sungguh bodoh ketika mengetahui satu kenyataan bahwa tembang ini sempat di banned di stasiun radio ketika judulnya ada kata "God" yang pada era tersebut merupakan suatu bentuk hujatan kepada Tuhan.

I Know There's An Answer sebagai tembang selanjutnya hadir dengan nuansa riang yang cukup ringan yang kemudian dilanjutkan ke tembang Here Today dan I Just Wasn't Made For These Times yang bercorak kurang lebih sama dengan tembang-tembang sebelumnya. Selanjutnya ada satu tembang instrumental yang jenius bagi penulis yaitu Pet Sounds yang berjudul sama dengan nama rilisan ini. Mungkin jika ditelaah secara seksama, akan menjadi soundtrack yang sempurna untuk film James Bond yang saat itu diperankan oleh Sean Connery. Tetapi sayangnya itu tidak terjadi, namun meskipun begitu disinilah salah satu pilar awal dari psikedelik modern itu lahir.

Dan sebagai penutup rilisan Pet Sounds ada Caroline, No yang cukup sederhana yang diakhiri oleh suara ambient dari Pet Sounds itu sendiri yaitu suara anjing yang mengonggong. Sungguh penutup yang cukup aneh dari satu rilisan bersejarah yang pernah diciptakan. Pet Sounds benar-benar menjadi satu pondasi musik untuk kreasi musik bagi generasi selanjutnya. Cara The Beach Boys dalam bereksperimental lewat musik dan lirik mampu menciptakan rilisan pop yang bisa penulis katakan sebagai masterpiece ini.

Disinilah The Beach Boys berbicara mengenai definisi pop itu sendiri lewat rilisan Pet Sounds yang dibawakan dengan cara yang cukup sederhana namun rumit. Inilah Power Pop yang sebenarnya. Kejeniusan yang diciptakan bukan dengan cara yang rumit, tetapi sederhana dan menarik namun tetap rumit di satu sisi. Dan inilah Pet Sounds, sebagai warisan masa lalu yang luar biasa. An Perfect Album!


Artist
The Beach Boys

Album
Pet Sounds

Rilis
1966

Genre
Pop, Power Pop, Classic Rock

Rating
10 | 10

____________________________________

Leave a Reply