About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

Stars and Rabbit | 6 Singles

  
Cukup shock juga telinga saya ketika mendengar beberapa 6 single dari Stars and Rabbit. Dimana 3 diantaranya sudah matang, sedangkan 3 diantaranya masih mentah. Cukup shock karena 3 single yang sudah matang itu dengan aransemen folk serta sedikit sentuhan indie pop itu membuat penulis merasa ilfil ketika mendengarkan suara vokal duo Stars and Rabbit dari Yogyakarta Indonesia ini dimana Elda Suryani sebagai vokalis dan Adi Widodo untuk musiknya.

Keunikan vokal Elda Suryani yang bisa dibilang sampai titik annoying ini menurut telinga penulis termasuk tipe karakter vokal yang berbeda seperti yang ada kebanyakan. Mungkin karena tidak terbiasa dengan cara bernyanyi dan tipe suara seperti itu maka dapat penulis katakan bahwa itu annoying. Dan bagi saya sendiri, itu justru sedikit merusak sebuah komposisi musik yang sudah baik dari yang penulis dengarkan. Tetapi disitulah keunikan dan karakter musik Stars and Rabbit dapat anda rasakan dan dengarkan sensasinya. Mungkin pada awalnya tidak begitu suka, tetapi jika sudah menemukan sensasi sendiri di musiknya maka hal tersebut dapat diterima oleh telinga dan akal sehat.

Tiga tembang yang sudah matang itu adalah Like It Here, Rabbit Run dan Worth It. Sedangkan yang masih mentah dan masih menggunakan raw recording seadanya itu adalah I'll Go Along, Man Upon the Hill dan You Were the Universe.

Ketika sudah sedikit memaklumi karakter vokal di Like It Here sebagai tembang pertama yang saya dengarkan. Musik yang dibuka dengan nuansa santai dengan sentuhan tremolo gitarnya di atmosfer musiknya membuat situasi menjadi syahdu. Perpaduan vokal dan musik membuat satu tembang bernuansa soul itu sungguh begitu indah ketika didengarkan. Dan sungguh atmosfer di lagu ini terasa begitu indah. Dan kalau bisa saya katakan bahwa tembang ini adalah dream pop. Great!

Tetapi nuansa akan menjadi berbeda ketika masuk di tembang bertajuk Rabbit Run. Karena ini benar-benar murni folk yang cukup ringan gembira khas celtic dimana nuansa digambarkan ibarat petani di negeri celtic yang sedang berpesta pora atau kebingungan mencari seekor kelinci yang melarikan diri. Cukup menarik.

Ketika sudah memasuki Worth It, disini kematangan musik serta ciri khas dari Stars and Rabbit mulai terasa. Dan akhirnya saya sudah terbiasa dengan karakter vokal Elda. Irama folk yang berpadu dengan ringannya indie pop membuat tembang ini memiliki cita rasa sendiri. Sangat renyah.

Untuk tiga tembang yang masih mentah tidak bisa saya nilai, karena kualitas masih benar-benar mentah dan direkam dengan recorder seadanya. Berisi lagu-lagu manis dan santai serta diiringi oleh gitar akustik tuk menemani vokal. Dan inilah yang akan penulis tunggu ketika sudah menjadi matang dengan aransemen yang menarik.

Well, Stars and Rabbit sanggup menawarkan musik ringan dengan sentuhan folk didalam balutan indie pop. Dan satu yang pasti, penulis akan tetap menunggu kehadiran ep atau album dari mereka untuk bisa mereview dengan baik akan totalitas mereka dalam bermusik. Tetapi disinilah tunas baru dibentuk. Dan dari tiga single yang sudah penulis dengarkan, Stars and Rabbit bisa menjadi ancaman untuk scene musik indie pop Indonesia dimasa mendatang. Good one!


Artist
Stars and Rabbit

Single
6 Singles

Genre
Indie pop, Folk

Rating
6 | 10

______________________________

3 Responses so far.

  1. Radira says:

    6 stars is enough!!

    Next semoga EP mereka bisa dapat bintang 10 :D

  2. -rAy- says:

    itu benar2 ditunggu ketika mereka udah rilis album atau ep, semoga aja bagus.

  3. mungkin kalau sudah terbiasa dengan karakter vocal elda suryani semasa di band evo bisa langsung menikmati.

Leave a Reply