About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

Jem | Down To Earth

  

Ketika pertama kali mendengarkan suara vokal dari Jemma Griffiths yang biasa disebut Jem, penulis langsung teringat sama Dido. Karena mereka berdua memiliki karakter vokal yang hampir sama. Namun sangat berbeda mengenai jenis musik mereka. Satu yang bisa disamakan yaitu musik ala Imogen Heap atau Frou Frou. Dengan perpaduan pop dengan sentuhan trip-hop serta sedikit bumbu funk dan rock menjadikan rilisan Down To Earth memiliki cita rasa tersendiri.

Down To Earth tidak bercerita mengenai satu jenis genre musik tetapi sangat beragam dengan ciri khasnya sendiri. Beberapa nampak biasa, namun ada yang mampu membuat penulis tercengang dengan komposisi yang ditawarkan. Down To Earth yang tidak lain menjadi judul album dan tembang pembuka berbicara tentang trip hop atmosfer yang cukup aneh. Crazy pada lagu selanjutnya cukup istimewa, irama funk dengan iringan banjo membuat tembang buat dansa ini lumayan menarik. I Want You di lagu selanjutnya lebih bercita rasa musik latin, tetapi tidak begitu menarik dan cenderung membosankan.

Satu tembang yang harus digaris bawahi pada rilisan Down To Earth adalah tembang yang berjudul It's Amazing. Yeah, this track is amazing. Memadukan trip-hop yang dibuka dengan dentingan piano yang kemudian masuk ke dalam alunan trip-hop yang cukup apik. Dan begitu juga dengan Keep On Walking namun disini sedikit terasa membosankan. Tembang pop dengan iringan piano serta string yang cukup manis dan sangat emosional ini berhasil dilakukan dengan Jem dengan Vusi Mahlasela lewat You Will Make It. Penulis sempat merinding ketika mendengarkan tembang ini berulang-ulang, terutama sewaktu klimaks dengan sentuhan world music khas africa lewat vokal Vusi Mahlasela dan monolog Jem yang membuatnya sangat special.

Ada sentuhan baroque di balutan trip-hop pada tembang I Always Knew, citarasa unik yang membuatnya merupakan paduan klasik dan modern sekaligus. Lalu ada Got It Good sebagai tembang pop manis. Seperti yang penulis katakan di awal, tidak ada genre yang pasti di album ini. Tembang Aciiid! menjadi satu bentukan electronic pop mainstream yang ada saat ini dan Jem menjadi sedikit naughty & bitchy di sini. Dan itu berbeda dengan tembang sebelumnya. How Would You Like It adalah tembang pop rock yang tidak terlalu istimewa. Lalu And So I Pray selayaknya lagu-lagu indie kebanyakan. Dan akhirnya ada On Top Of The World sebagai tembang penutup di Down To Earth yang cukup menarik.

Dengan Down To Earth, Jem menceritakan tentang kehidupan manusia yang berhubungan dengan alam dan lingkungan sekitar. Serta hubungan di dalam komunitas sosial. Penulisan lirik yang baik dan tidak selalu berbicara mengenai cinta yang terkadang menjadi basi karena terlalu umum. Well, Down To Earth dengan keberagaman genre-nya mampu menceritakan banyak perbedaan yang ada di dunia ini yang sama sekali tidak sama dalam kehidupan manusia. Dan itu dibuktikan dengan rilisan multi genre bertajuk Down To Earth.


Artist
Jem

Album
Down To Earth

Rilis
2009

Genre
Pop, Trip Hop, Female Vocalists

Rating
7 | 10

____________________________

2 Responses so far.

  1. reviews tanpa link download mod??

  2. -rAy- says:

    yes, tanpa link ... karena emang review aja.

Leave a Reply