About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

Gavy NJ | Glossy

  
Ketika fundamental budaya pop korea bersuara lewat musik dan suara tanpa berdansa, Gavy NJ hadir mengisi ruang itu dengan fundamental pop korea yang sudah sebagaimana mestinya tanpa tercampur dengan unsur asing. Dan seperti inilah yang terdengar seperti soundtrack drama asal korea yang seringkali diputar di televisi-televisi lokal. Pop mellow mendayu tanpa mencoba menjadi imut serta menjadi penggoda pria lewat dansa dan tari, ditawarkan Gavy NJ lewat fundamental pop korea lewat sebuah mini album berjudul Glossy yang berisi lima tembang manis ini.

Berbicara mengenai fundamental pop korea, ini juga tidak terlepas dengan budaya pop mereka. Di satu sisi ini juga mengingatkan penulis akan musisi dan penyanyi pop asal negeri tirai bambu sejak era 90'an hadir lewat musik serupa dengan sentuhan pop nan mellow nan santai. Beralih sejenak ke pop negeri ginseng yang hadir dengan tema serupa, namun tidak bisa dipungkiri bahwa seperti inilah fundamental pop korea. Gavy NJ mencoba mengajak pendengar menyimak musik pop ballad ringan tanpa embel-embel modernisme serta pengaruh budaya mainstream dari luar lewat Glossy.

Lima tembang mellow disajikan lewat cara sederhana karena hanya menjual suara. Dan itulah yang dibutuhkan untuk grup vokal, karena hanya sebagai penyanyi solo atau grup. Kualitas suara ada mutlak karena disitulah karakter vokal bisa dinilai dan diukur. Bukan dengan cara mempermak vokal dengan instrumen lain yang kualitasnya tidak bisa dipertanggung jawabkan ketika bernyanyi live.

Satu tembang yang lumayan menarik yaitu Try It Again dengan bumbu akustik serta sedikit sentuhan jazz. Disini karakter vokal Gavy NJ begitu terasa meski cuma ada satu vokal yang mendominasi. Tapi itu tidak mengapa karena mereka bertiga bernyanyi bergantian serta satu lead vokal memimpin di bagian reff dengan terdengar suara vokal yang mengisi latar belakanganya.

Well, inilah Gavy NJ yang hadir lewat fundamental pop korea yang sesuai budaya pop mereka yang penulis kenal sejak dulu kala. Tembang pop ballad yang menjadi ciri khas negara di kawasan asia termasuk juga Indonesia. Dan disinilah Glossy bercerita tentang itu.



Artist
Gavy NJ

Album
Glossy

Rilis
2011

Genre
Pop, Pop Ballad, K-Pop

Rating
6 | 10

___________________________________

Leave a Reply