About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

Muse | Origin Of Symmetry

 


there's a riff will bleed your ears ...
and yes ...
there will be blood when listen the killer riff !


Muse, jika berbicara mengenai band yang satu ini pasti tidak akan terlepas dari sosok jenius Matthew Bellamy yang menjadi otak dari Muse. Sebagai seorang multi instrumentalist dan penulis semua lagu Muse, Bellamy dengan Christopher Wolstenholme dan Dominic Howard menjadikan Muse menjadi satu bentuk kekuatan dalam pecaturan industri musik dunia. Kemampuan mereka bereskperimental dalam meracik bunyi bunyian baru yang tertuang dalam musik mereka dibuktikan lewat sebuah rilisan yang berjudul Origin Of Symmetry. Sebuah totalitas Muse dalam bermusik yang menjadikan mereka begitu dikenal banyak orang pada satu dekade yang lalu, setelah sebelumnya cuma menumpang mirip dengan Radiohead dengan album The Bends lewat rilisan debut mereka yaitu Showbiz.

Origin of Symmetry adalah sebuah permulaan tentang sebuah orisinalitas musik Muse yang menjadi tolak ukur tertentu bagi sebagian pengagumnya. Dan bahkan menjadi sumber inspirasi bagi band tertentu dalam kreasi musiknya. Meski kalau bisa dibilang, nama Muse mendunia lewat rilisan Absolution pada tahun 2003 yang juga menjadi tahun dimana penulis mengenal dan menyukai Muse lewat rilisan Absolution. Tetapi disini penulis tidak berbicara banyak mengenai Absolution, tetapi sebuah awal dari sebuah simetri musik Muse lewat Origin of Symmetry.

Bereskperimental dengan church organ, Origin of Symmetry dibuka lewat New Born yang awalnya dimanjakan dengan suara organ dan kemudian dibanting dengan permainan riff riff gila dari gitar Bellamy serta suara vokal berfalseto yang sangat berkarakter itu. Selanjutnya masuk ke dalam nuansa space rock, Muse langsung menggebrak lewat Bliss yang sangat kental nuansa space rock dengan klimaks yang membuat anda melayang sejenak. Tak hanya disitu, Muse mengajak bersantai lewat Space Dementia yang galau. Diracik dengan bebunyian yang cukup aneh, membuat tembang ini menjadi cukup memabukan.

Ketika Hyper Music didengungkan, itu menjadi pertanda suatu fase dimana trance gila ala Muse dimulai. Dengan komposisi musik yang unik dengan permainan bass yang kental serta suara vokal Bellamy yang cukup haunting membuat tembang ini cukup menarik sebagai soundtrack headbanging anda. Setelah itu Muse menghajar telinga anda lewat Plug In Baby dengan riff gitar dan bass yang merobek telinga serta lengkingan suara Bellamy yang menusuk telinga di bagian akhir. Tak hayal, penulis mendapat eargasm disini dan itu cukup memuaskan.

Riff akan semakin menggila dan siap menghancurkan telinga anda sampai berdarah-darah lewat Citizen Erased. Tetapi Muse tidak sekejam itu karena dibagian pertengahan nuansa menjadi lebih ringan dan bahkan membuat anda melayang dalam kegalauan tak menentu. Dan ketika hilang kesadaran sejenak akibat candu musik Muse, Micro Cuts dilagukan dengan kegalauan tingkat akut dengan pitch yang sangat tinggi dari suara vokal Matthew Bellamy. Dan dengan candu morfin bernama Screenager, anda akan dibawa menuju suatu alam khayal dengan setengah kesadaran anda. Tak cukup puas dengan itu, Darkshines menyempurnakan sensasi yang telah terjadi sebelumnya.

Setelah melewati sensasi beragam kegalauan, Muse mencoba menawarkan nuansa yang berbeda lewat tembang Feeling Good yang sexy dengan sedikit sentuhan jazz ini membuat cover dari tembang Nina Simone ini memiliki cita rasa yang berbeda. Salah satu cover terbaik lagu Feeling Good dari Muse selain yang dibawakan oleh Michael Bubble atau juga Adam Lambert di American Idol. Dan sebagai penutup, Muse mencoba bereksperimental dengan church organ lewat Megalomania sebagai penutup yang cukup epic.

Dengan segala cara bermain musik dengan bunyi bunyian alternatif, Muse dengan Origin Of Symmetry mampu menancapkan kuku yang cukup dalam kancah scene musik ini. Ciri khas utama dari permainan gitar Matthew Bellamy serta karakter vokal yang unik dan juga penulisan lirik yang menarik membuat Origin of Symmetry patut diberi apresiasi yang tinggi. Dengan penyusunan komposisi musik yang apik, penulis sarankan bahwa album ini adalah sebuah album yang harus anda dengarkan sebelum anda tiada. A Must Listen Album!

Artist
Muse

Album
Origin Of Symmetry

Rilis
2001

Genre
Alternative, Alternative Rock, Space Rock

Rating
9 | 10
_______________________________________

Leave a Reply