About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

Mineral | EndSerenading

  
Menyelam kembali kemudian menembus batas ruang dan waktu sampai masuk ke dalam suatu masa dimana pergerakan awal tentang emo itu ada. Dan disinilah label emo yang sebenarnya dapat didengar dan disimak secara murni tanpa dirusak oleh media serta para posser dan band yang sudah lupa tentang akar musik emo itu sendiri. Akibatnya yaitu mendeskripsikan emo dengan interprestasinya sendiri dan efek yang ditimbulkan akibat proses 'salah kaprah' ini cukup parah. Kembali ke akar sampai ke jaman Rites of Spring sebagai pencetus awal apa yang dinamakan emo lalu beranjak maju mengikuti ruang dan waktu sampai menuju ke Houston, Texas Amerika dimana pada tahun 1994 band yang beranggotakan Chris Simpson, Scott McCarver, Jeremy Gomez & Gabriel Wiley dibentuk dan menamakannya Mineral, yang selanjutnya migrasi ke Austin, Texas dan mengembangkan karir disana.

Kalau bisa penulis katakan, karakter musik dari band asal Texas ini mungkin termasuk salah satu yang menginspirasi band asal Austin, Texas lain yang penulis kenal yaitu band post-rock Explosions In The Sky. Karena ketika Mineral bubar di tahun 1998, Explosion In The Sky lahir setahun kemudian. Meskipun tidak berhubungan, tetapi ada benang merah dari karakter musik mereka. Musik Mineral berciri khas dengan struktur quiet/loud dengan permainan melodi pada gitarnya dengan sentuhan twinkle dengan riff-riff bermelodi serta suara vokal yang keluar dari nada seharusnya sehingga muncul konotasi bahwa suara fals adalah hal yang lazim dari musik Mineral. Tetapi disitulah kekuatan dari musik Mineral dengan segala komposisinya. Dan dari situ lahirlah dua rilisan yaitu The Power of Failing pada tahun 1997 dan EndSerenading setahun berikutnya.

Ada sepuluh tembang menarik yang terangkum di dalam rilisan EndSerenading. Yang hampir keseluruhan komposisi musik Mineral laiknya komposisi indie rock berbalut post-rock di era modern dengan vokal emotional yang menjadi ciri emo generasi awal. Endserenading dibuka lewat tembang Lovelettertypewriter dentingan twinkel gitar yang membangun alur serta dipadu dengan vokal yang keluar dari nada sehingga terkesan fals namun disatu sisi menciptakan karakter emotional yang kuat. Konsep yang menarik diciptakan oleh Mineral disini yang membuat Lovelettertypewriter sebagai intro yang selanjutnya bersambung ke Palisade dengan built-up yang sudah diciptakan di tembang sebelumnya.

Selanjutnya tembang yang ditawarkan Mineral serupa dengan sensasi yang berbeda seperti Gjs, Unfinished dan Forlvadell. Setelah itu ada satu tembang yang cukup mengganggu kenikmatan dengan suara fals dari dentingan melodi gitar serta vokal di Wakingtowinter. Komposisi off tune pada permulaan tembang ini begitu aneh, namun disatu sisi menjadi satu bentukan yang lumayan unik. Apalagi ketika memasuki pertengahan lagu dengan membangun alur sampai klimaks yang cukup menggila. Hasilnya, cukup simpel yaitu eargasm.

Aletter pada urutan selanjutnya, melanjutkan apa yang sudah dibangun sebelumnya. Setelah itu ada sebuah tembang yang cukup manis dengan berbalutkan melodi gitar yg saling bersahutan untuk memenuhi dinding dari komposisi musiknya lewat Soundslikesunday dengan membangun alur sampai klimaksnya yang dilanjutkan dengan &serenading. Dan sebagai tembang penutup pada rilisan ini, ada Thelastwordisrejoice yang cukup kalem, galau nan menenangkan sekaligus indah. Dan disinilah segala ungkapan emosional dituangkan oleh sang vokalis tanpa memedulikan suara dia fals atau tidak. Sungguh penutup yang cukup emosional.

Satu karakter yang menarik pada EndSerenading adalah penulisan keseluruhan track-nya tanpa spasi sama sekali. Karakter yang menarik itu pun ada pada komposisi musik mereka yang mendeskripsikan emosional dalam arti sebenarnya dalam musik, lirik dan vokal. Dan disini band yang membubarkan diri tidak lama setelah album EndSerenading ini dirilis menunjukan eksistensinya sebagai sebuah sejarah mengenai pergerakan musik emo sebelum era 2000an. Satu rilisan berharga dari sebuah band yang bisa dibilang underrated. An perfect album!


Artist
Mineral

Album
EndSerenading

Rilis
1998

Genre
Emo, Indie Rock

Rating
10 | 10

_________________________________________

3 Responses so far.

  1. review nya bagus mas. jujur, belum pernah denger Mineral. tp klo denger nih band sebagai salah satu dedengkot emo, saya pernah denger dari ujaran teman.

    saya memang bukan penggemar emo, tp setelah baca tulisan di atas. kayaknya boleh juga nih nyicipin lagu mereka. :)

    ngomong2, blognya bagus mas. tp sayang kok sedikit yg komen dan yg nge-follow. apa karena sedikit generasi muda (terutama penggemar musik) yg suka nulis dan baca blog ya??

    *salam hangat dari Solo

  2. Anonymous says:

    Soundnya mineral mirip dengan sunny day real estate di album diary

Leave a Reply