About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

Emmy The Great | Virtue

 
Ketika musik folk dibawakan dengan cara berbeda yang mencoba melawan mainstream folk itu sendiri sehingga musik yang diaransemen dengan sentuhan experimental ini sempat disebut anti-folk. Itu bukan folk, tetapi jika didengarkan dengan sesama ada elemen folk didalamnya tetapi tidak pada porsinya namun kebalikan. Dan salah satu yang menjadi pembicaraan saat ini yaitu karya dari seorang singer songwriter bernama Emma-Lee Moss dari London Inggris yang lebih dikenal lewat Emmy The Great.

Dengan lirik yang sangat dalam serta kesimpelan musiknya yang cenderung akustik, Virtue sebagai rilisan kedua memiliki cita rasa yang santai, manis dan cukup menyentuh. Berbeda dengan rilisan pertama Emma yaitu First Love yang lebih personal dalam penulisan liriknya, di Virtue lebih terkesan kelam dan gelap. Dan itu sesuai dengan kondisi dimana Emma sedang mengalami patah hati ketika menulis Virtue sehingga nuansa kelam gelap dan cenderung spooky di beberapa tembang yang ada di sini sangat terasa.

Dinosaur Sex adalah tembang pertama di Virtue, dan jika ada mencoba melihat cover album Virtue maka disitu juga ada miniatur dinosaurus. Disitu Emma menulis betapa kecewa dirinya dan itulah dimana hari dan kisah cintanya berakhir, namun disitulah ide awal Virtue berasal. Ada juga sebuah tembang yang mengingatkan penulis terhadap Oh Land lewat Paper Forest (In the afterglow of Rapture) karena ciri khas musiknya yang sangat khas dengan penulisan lirik yang sangat dalam dipadu dengan komposisi yang menarik pada musiknya. Great One!

Dari sepuluh tembang yang terangkum dalam Virtue ini ada beberapa tembang yang cukup menyentuh selain dua yang sudah penulis sebutkan sebelumnya. Di tembang Creation, nuansa yang hadir cukup kelam dengan suara synth pada atmosfer musiknya. Dan yang terakhir adalah Trellick Tower sebagai tembang penutup di album ini. Trellick Tower hadir degan cara yang cukup simpel dengan vokal dari Emma yang dipadu dentingan piano sehingga menciptakan suasana yang syahdu dengan penulisan lirik yang cukup dalam dengan simbolisme yang menceritakan rasa putus asa ketika kegagalan cintanya terjadi sebelum penulisan Virtue.

Virtue sungguh menarik untuk disimak, tune yang kalem dipadu dengan indahnya suara vokal dari Emma menjadi satu rilisan yang menarik untuk dicoba. Elemen folk yang memudar yang menjadikanya satu bentukan baru yang tidak biasa menjadikan satu album ini punya cita rasa sendiri. Dan inilah Virtue dari Emmy The Great.

Artist
Emmy The Great

Album
Virtue

Rilis
2011

Genre
Anti-Folk, Acoustic, Folk

Rating
8 | 10

_____________________________________

Leave a Reply