About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

Aly & Fila | Rising Sun

  
Begitu banyak musisi trance di dunia, ada satu yang paling menarik dan kalau bisa dibilang termasuk underated yaitu duo DJ Aly Amr Fathalah dan Fadi Wassef Naguib yang lebih di kenal dengan nama Aly & Fila yang berasal dari Mesir ini. Berawal akan kecintaan mereka sama musik yang diciptakan Paul Van Dyke mereka memutuskan untuk menjadi musisi trance. Dan setelah tujuh tahun berkarir di dunia musik lantai dansa, akhirnya pada tahun 2010 kemarin mereka merilis studio album pertama mereka Rising Sun.

Satu yang menarik dari komposisi musik Aly & Fila adalah musik trance atmosferik yang mampu beradu dengan vokal namun vokal tidak mendominasi komposisi sehingga musik trance yang mereka mainkan tidak terbanting oleh vokal. Meskipun banyak kolaborasi dengan artis di rilisan Rising Sun ini, tetapi trance yg mereka mainkan tetap terasa dan bukan menjadi musik pengiring sang artist tetapi justru vokal artis itu sendiri yang mengiringi musik yang dimainkan oleh Aly & Fila.

Satu ciri khas yang mendominasi lagi adalah uplifting atau dengan kata lain yaitu membangun alur sampai titik klimaks yang berpadu dengan komposisi musiknya. Sehingga bisa penulis katakan, Aly & Fila berhasil membuat susunan tune yang cukup bisa dikatakan epic. Dan itu tidak bisa dipungkiri, ketika telinga penulis begitu dimanjakan dengan 15 lagu yang ada di dalam rilisan ini.

Rising Sun dibuka dengan sempurna lewat tembang berjudul Medellin yang cukup epic sebagai intronya karena mampu membuat penulis merinding ketika mendengarkannya. Setelah itu langsung saja disuguhkan It Will Be Ok dengan Katherine Crowe yang cukup manis. Tembang ketiga ada My Mind Is With You yang berkolaborasi dengan Denise Rivera yang mampu menaikkan adrenalin anda. Dan itu dibuktikan ketika tembang instrumental bertajuk Rosaires dibunyikan. Instrumental Trance yg dibuat sama Aly & Fila disini benar-benar membuat penulis mengalami eargasm akan komposisi musiknya. Dibuka dengan tempo cepat dengan atmosfer khas etheral kemudian alur terus naik sampai akhirnya di pecah dibagian tengah dengan memainkan musik ala etheral dengan sedikit sentuhan simfoni yang membangun alur sampai menggila di klimaksnya. This is the real trance, an uplifting epic track.

Overall, dari 15 lagu yang ada di album ini ada beberapa yang tetap standar dan biasa. Namun ada yang istimewa bahkan bisa dikatakan epic, dan itu rata-rata pada tembang instrumental yang layak didengarkan seperti Menes, Khepera, Sandgroper dan Rising Sun. Dan akhirnya, penulis cukup gembira mendengarkan satu rilisan dari Aly & Fila dari Mesir dengan satu rilisan berjudul Rising Sun. Dan penulis katakan, Aly & Fila termasuk salah satu musisi underated di scene musik lantai dansa ini. Great!



Artist
Aly & Fila

Album
Rising Sun

Rilis
2010

Genre
Trance, Uplifting Trance, Progressive Trance

Rating
7 | 10

________________________________


Leave a Reply