About

rayculz's reviews room ... mendalami sekumpulan bunyi yang tertuang dalam aksara dan kata

blink-182 | neighborhoods


Sebuah penantian yang lama selama 8 tahun dari seorang fans yang sempat kecewa juga ketika mereka membubarkan diri atau dalam kata lain "tidak aktif sampai jangka waktu yang tidak ditentukan". Dulu sempat pesimis mereka akan kembali lagi, terutama ketika semua personil dari blink-182 membuat proyek sampingan sendiri-sendiri dan meninggalkan blink-182 demi kepuasan egoisme di band baru mereka seperti +44, Box Car Racer dan Angels & Airwaves.

Namun terjadi sebuah kejutan di tahun 2009 ketika Tom DeLonge, Mark Hoppus & Travis Barker sepakat bereuni kembali untuk melanjutkan blink-182 yang selama 6 tahun mereka tinggalan demi egoisme masing-masing di proyekan mereka yang lain. Dan akhirnya setelah 2 tahun bersama kembali di blink-182, mereka merilis sebuah album baru yang diberi nama Neighborhoods.

Sebuah album sebagai pemuas rasa dahaga setelah terakhir kali mereka merilis self-titled album di tahun 2003. Tetapi ketika setelah mendengarkan album ini, hasilnya penulis kecewa. Dan benar-benar kecewa, karena di Neighborhoods ini bukan sama sekali bukan musik dari blink-182 yang penulis kenal tetapi kalau bisa dikatakan dengan jujur bahwa album Neighborhoods ini adalah Angels & Airwaves feat. Mark Hoppus.

Neighborhoods ini terasa sekali citarasa dari Angels & Airwaves, mungkin Box Car Racer sangat kental juga disini. Dan ini sangat disayangkan, ketika penulis ingin mendengarkan the old blink-182. Sepertinya itu sudah menghilang, karena hiatus yang sekian lama dan bermain di proyekan lain sehingga menyebabkan sense musik blink-182 mereka sedikit memudar. Sangat disayangkan.

Kalau boleh penulis katakan, kalau album ini adalah album Angels & Airwaves mungkin bisa penulis maklumi. Tetapi sekali lagi, ini adalah blink-182 yang merupakan salah satu pop-punk heroes yang ada di dunia saat ini. Memang berubah itu bagus, tapi perubahan itu tidak bisa diterima begitu saja dengan baik. Apalagi ketika sudah menjadi penyuka musik blink, dari awal karir mereka.

Sebenarnya secara kualitas album ini tidak bisa dibilang cukup bagus. Rilisan Neighborhoods terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah rilisan standart, yang kedua adalah rilisan deluxe edition. Penulis menyerah jika harus menulis rilisan standart yang berisi cuma 10 lagu dan jika dibandingkan dengan deluxe edition yang berjumlah 14 lagu. Ada empat lagu tidak ada di rilisan standart, kalau bisa penulis bilang album neighborhoods yang sebenarnya ada di deluxe edition karena lagu Snake Charmer cukup menarik meski hilang sentuhan blink. Tetapi sorry untuk yang standart edition.

Mungkin jika penulis lebih senang jika ini adalah album Angels & Airwaves dengan Mark Hoppus atau Box Car Racer. Tetapi jika ini adalah blink-182, penulis sungguh kecewa. Meski secara kualitas bagus jika ini adalah Angels & Airwaves, tetapi sangat buruk kalau ini adalah blink-182. Dan penulis cukup kecewa dengan ini. Setelah lama menunggu, ternyata cuma kekecewaan saja yang didapat dari blink-182 yang berubah menjadi Angels & Airwaves atau Box Car Racer. Maaf Angels & Airwaves ... eh blink-182.



Artist
blink-182

Album
Neighborhoods

Rilis
2011

Genre
Pop Punk, Punk Rock

Rating
1 | 10

____________________________

Leave a Reply